Ktahanan Nasional


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa saya juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

Dan harapan saya semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

Karena keterbatasn pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan keritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.



















                                                                                                     
                                                                                                                                                            Bekasi, 10 April 2018



                                                                                          Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN

I. Latar Belakang

Pada dewasa ini , indonesia adalah negara yang merdeka dan berdaulat. indonesia tidak luput dari gejolak dan acaman yang membahayakan bangsa indonesia, akan tetapi indonesia dapat mempertahankan kemerdekaannya dan kedaulatannya.
Pada posisi ini indonesia sangat setrategis dalam sumber daya alam dan jumlah penduduk sebab itu bangsa asing ingin sekali mempengaruhi atau mengancam ketahanan nasional bangsa indonesia.
Oleh sebab itu bangsa indonesia diminta untuk menjaga atau memperkuat ketahanan nasional bangsa indonesia agar tetap menjaga keutuhan negara kesatuan indonesia.

II. Rumusan Masalah

1.      Apa Pengertian Ketahan Nasional ?
2.      Apa Asas-asas Ketahan Nasional dan sifat ketahan nasional ?
3.      Apa Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional pada Kehidupan berbangsa dan bernegara ?

III. Tujuan

1.      Membangkitkan kesadaran bagi masyarakat Indonesia akan pentingnya mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dan dalam mencapai tujuan nasional.
2.      Untuk mencapai Tujuan Nasional











BAB II
PEMBAHASAN

I. Pengertian Ketahanan Nasional

Ketahanan dibutuhkan sebuah bangsa untuk menjamin serta memperkuat kemampuan bangsa yang bersangkutan. Istilah ketahanan nasional memana memiliki pengertian dan cakupan yang cukup luas jika dibahas secara detail. Ketahanan nasional (national resilience) adalah kondisi dinamis suatu bangsa yang meliputi seluruh kehidupan nasional yang terintegrasi, berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, dalam menghadapu dan mengatasi segala tantangan ancaman, hambatan dan gangguan, baik yang datang dari dalam maupun luar, untuk menjamin identitas, dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perjuangan mencapai tujuan nasional.

II. Asas-asas Ketahanan Nasional dan Sifat Ketahanan Nasional
A.    Asas-asas Ketahanan Nasional
Asas ketahanan nasional adalah tata laku yang didasari nilai-nilai yang tersusun berlandaskan Pancasila, UUD 1945 dan Wawasan nusantara. Asas-asas ketahanan nasional yaitu :
·         Asas kesejahteraan dan keamanan
Kebutuhan mendasar dan wajib dipenuhi bagi individu, kelompok dan masyarakat yang merupakan tolak ukur bagi baik buruknya ketahanan nasional.
·         Asas komperhensif integral/menyeluruh terpadu
Ketahanan nasional mencakup seluruh aspek kehidupan berkaitan dengan bentuk persatuan dan perpaduan secara selaras, serasi dan seimbang.
·         Asas mawas ke dalam dan mawas keluar
Mawas kedalam bertujuan menumbuhkan sifat dan kondisi kehidupan nasional berdasarkan nilai-nilai kemandirian dan meningkatkan kualitas kemandirian bangsa. Mawas ke luar dilakukan dalam rangka mengantisipasi, menghadapi dan mengatasi dampak lingkungan strattegis luar negeri.
·         Asas kekeluargaan
Berisi sikap-sikap hidup yang diliputi keadilan kebersamaan, kesamaan, gotong-royong, teggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Dengan adanya asas ini diakui adanya perbedaan dan terjaga dari konflik yag bersifat merusak.
B.     Sifat Ketahanan Nasional

·         Mandiri, percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri dan tidak mudah menyerah. Sifat ini merupakan salah satu syarat untuk menjalin kerjasama.
·         Dinamis, maksudnya tidak tetap, naik turun, tergantung situasi dan kondisi bangsa dan Negara serta lingkungan strategisnya. Sifat ini selalu diorientasikan kemasa depan dan diarahkan pada kondisi yang lebih baik.
·         Wibawa, semakin tinggi tingkat ketahanan nasional maka akan semakin tinggi wibawa Negara dan pemerintah sebagai penyelenggara kehidupan nasional.
·         Konsultasi dan kerjasama, adanya saling menghargai dengan mengandalkan pada kekuatan moral dan kepribadian bangsa.

III. Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional pada Kehidupan Berbangsa

Tiap-tiap aspek, terutama aspek-aspek dinamis, di dalam tata kehidupan nasional relatif berubah menurut waktu, ruang dan lingkungan sehingga interaksinya menciptakan kondisi umum yang sangat kompleks dan amat sulit.
Dari pemahaman tentang hubungan tersebut tentang gambaran bahwa Konsepsi Ketahanan Nasional akan menyangkut hubungan antara aspek yang mendudung kepribadian yaitu :
1.       Aspek yang berkaitan dengan alam besifat stasti, yang meliputi Aspek Geografi, Aspek Kependudukan, dan aspek Sumber Kekayaan Alam.
2.        Aspek yang berkaitan dengan sosial bersifat dinamis, yang meliputi Aspek Ideologi, Aspek Politik, Aspek Sosial Budaya, dan Aspek Pertahanan dan Keamanan.














BAB III
PENUTUP

IV. Kesimpulan

            Jadi Ketahanan Nasional suatu yang harus di wujudkan agar cita-cita berbangsa dan bernegara terwujud dan menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia.


































DAFTAR PUSTAKA








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 Ekonomi Teknik

Rangkaian Full Adder

Tugas Softskill 3