multimedia


ABSTRAK


Fatur Nugroho. 12416705
Devinisi Multimedia
Paper. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, 2020
Kata Kunci : Komputer, Informasi, Multimedia

Pada zaman sekarang tidak asing dengan multimedia yang digunakan sebagai sarana penyampaian informasi. Multimedia berkaitan dengan pengunaan komputer yang digunakan sebagai penyajian dan menggabungkan teks, suara, animasi, video, audio dan gambar. Oleh karena itu multimedia salah satu perkembangan komputer yang semakin pesat dimana masyarakat mengenal dan berinteraksi melalui komputer.


           

PENDAHULUAN

            Dalam era teknologi informasi dan komputer saat ini, informasi dalam bentuk dan media dapat tersebar dengan begitu cepat. Apalagi dengan adanya internet yang penyebarannya begitu pesat, informasi dapat menyebar dengan cepat dan mudah tanpa mengenal ruang dan waktu. Informasi dalam bentuk digital memiliki sifat yang mudah untuk diubah dan dimodifikasi, sehingga dapat mengakibatkan permasalahan kepemilikan informasi itu sendiri. Keaslian informasi dalam berbagai bentuk dan medita tidak lagi terjaga karena setiap orang dapat mengubah dan memodifikasinya untuk kemudian disebarkan kembali.


ISI

a.       Definisi Multimedia
Pengertian  multimedia menurut  Vaughan  dalam  (Binanto,  2010),  multimedia  merupakan kombinasi  teks,  seni,  suara,  gambar,  animasi,  dan  video,  yang  disampaikan  dengan  komputer ataupun dimanipulasi secara digital dan dapat disampaikan atau dikontrol secara interaktif.

Ada tiga jenis multimedia menurut Hofstetter Suyanto dalam (Bimantoro, 2011), multimedia adalah  pemanfaatan    komputer  untuk  membuat  dan  menggabungkan  teks,  grafik,  audio,  gambar bergerak  (video  dan  animasi)  dengan  menggunakan  link  dan  tool  yang  memungkinkan    pemakai menggunakan  navigasi,  berinteraksi,  berkreasi  dan  berkomunikasi.  Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia menurut Suyanto dalam (Bimantoro, 2011) diantaranya :
1.      Harus  ada  komputer  yang  mengkoordinasikan  sebagai  apa  yang  dilihat  dan  didengar  yang menghubungkan interaktif
2.      Harus terdapat link sebagai sarana penghubung dalam komponen multimedia
3.      Harus terdapat alat navigasi yang memandu penggunaan, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
4.      Multimedia menyediakan tempat kepada penggunaan untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan ide yang diciptakan.

Sedangkan menurut Budi Sutedjo Dharma Oetomo (2002: 109), secara umum multimedia diartikan sebagai kombinasi teks, gambar, seni grafik, animasi, suara dan video. Aneka media tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan kerja yang akan menghasilkan suatu informasi yang memiliki nilai komunikasi yang sangat tinggi. Artinya, informasi bahkan tidak hanya dapat dilihat sebagai hasil cetakan, melainkan juga dapat didengar, membentuk simulasi dan animasi yang dapat membangkitkan minat dan memiliki nilai seni grafis yang tinggi dalam penyajiannya.

Dari keseluruhan definisi tersebut, terdapat kesamaan bahwa multimedia terdiri dari beberapa bentuk media dasar yang saling terintegrasi dan mengandung suatu pesan tertentu. Adapun bentuk-bentuk media pada dasarnya terdiri dari 4 (empat) bentuk, yaitu:
1.      Text (.doc, .txt, .pdf dan sebagainya)
2.      Image (.jpg, .gif, .png, .tiff, .bmp dan sebagainya)
3.      Audio (.mp3, .wav, .au, dan sebagainya)
4.       Video (.avi, .dat, .mov dan sebagainya)

KESIMPULAN

Dapat dismpulkan menurut beberapa ahli, multimedia  merupakan kombinasi  teks,  seni,  suara,  gambar,  animasi,  dan  video,  yang  disampaikan  dengan  komputer.
                  

DAFTAR PUSTAKA
·         Bimantoro,  L.  (2011).  Visualisasi  Rasi  Bintang  Berbasis  Multimedia,  Fakultas  Sains  dan Teknologi,  Jakarta  :  Universitas  Islam  Negri  Hidayatulloh  Jakarta
·         Permana, M. S., & Damiri, D. J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma11(2), 254-263.
·         Priyanto, D. (2009). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan14(1), 92-110.
·         Solichin, A. (2010). Digital Watermarking untuk Melindungi Informasi Multimedia. Budi Luhur Information Technology (BIT), 1-8.
·         Vaughan, R. 2005. Multimedia: What it is and What it can do for our Students. (http://jaltcall.org/cjo/5_00/vaughan. html)
                                                                                        



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 Ekonomi Teknik

Rangkaian Full Adder

Tugas Softskill 3