Ilmu Budaya Dasar

1. Latar Belakang Mempelajari Ilmu Budaya Dasar

Latar belakang mempelajari ilmu budaya dasar kritikan yang diberikan oleh sejulah cendikiawan mengenai sistem pendidikan kita, dimana sistem pendidikan kita dinilai sebagia warisan sistem pemirintahan pada masa penjajahan belanda. tujuan adalah menghasilkan tenaga terampil dalam bidang administrasi, perdagangan, teknik, dan keahlian lain demi kelancaran untuk mengeksploitasi kekayaan negara.
Adapun latar belakang diberikannya mata kuliah IBD dalam konteks budaya, negara dan masyarakat indonesia berkaiatan dengan permasalahan :

a. kenyataan bahwa bangsa indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam aspek kebudayaan.
b. pembangunan telah membawa perubahan dalam nilai-nilib budaya dalam masyarakat, menimbulkan pergeseran terehadap nilai-nilai budaya.
c. kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi masa dan transportasi mempengaruhi terhadap intesitas kontak budaya antar suku maupun dengan budaya luar.

2. Tujuan Mempelajari Ilmu Budaya dasar

berdasarkan hakikat keilmuan, maka tujuan mempelajari ilmu budaya dasar sebagai bagaian dari berkehidupan bermasyarakat adalah :

a. mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman, kesetara, dan kemartabatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan masyarakat.
b. menumbuhkan sikap kristis, peka dan arif dalam memahami keragaman, kesederajatan dan kemartabatan manusia dengan landasan nilai estetika, moral dan etika dalam bermasyarakat.
c. memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal hidup bermasyarakat .

3. Ilmu Budaya Dasar Hubungannya Dengan Manusia dan Kebudayaan.

secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan oleh manusia. kaitan manusia dan kebudayaan tercipta melalui tiga tahap :
a. eksternalisasi
dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya.
b.obektifitas
proses dimana masyarakat menjadi obyektif.
c. internalisasi
proses dimana masyarakat disergap oleh manusia, maksudnya dimana manusia mempelajari masyarakatnya sendiri agar dia hidup dengan baik.

4. Fungsi Budaya bagi Manusia 

Kebudayaan berguna bagi manusia yaitu untuk melindungi dari alam, mangatur hubungan antar manusia dan wadah dari segenap perasaan manusia.

5. Ilmu Budaya Dasar hubungannya dengan manusia dan kesusastraan


Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan Ilmu Budaya Dasar, karena materi-materi yang diulas oleh Ilmu Budaya Dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni. Budaya Indonesia sangat menunjukkan adanya sastra dan seni.
Selain itu hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Kesusastraan adalah sama-sama memiliki objek yang sama yaitu manusia. Sama-sama mempelajari hubungan antar manusia melalui suatu komunikasi yang beraneka ragam macamnya. Bayangkan jika manusia hidup tanpa seni, hidup tanpa bisa menyalurkan ekspresi. Maka akan mengganggu kejiwaan atau psikologis manusia.


sumber :

http://www.academia.edu/12284929/Latar_Belakang_Ruang_lingkup_ilmu_budaya_Dasar
https://www.slideshare.net/RizkiKamaratih/ilmu-budaya-dasar-bab-1-manusia-dan-kebudayaan
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/466/jbptunikompp-gdl-inggarpray-23257-7-bab7-ke-t.pdf
http://egialsyahhh.blogspot.co.id/2017/03/ilmu-budaya-dasar.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 Ekonomi Teknik

Rangkaian Full Adder

Tugas Softskill 3