TUGAS

Kehidupan masyarakat di negara-negara ASEAN terkait dengan permasalahan integrasi


sebelum kita membahas tentang masalah kehidupan di negara-negara ASEAN terkait permasalahan integrasi, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu integrasi.
imtegrasi adalah menyatukan, menggabungkan unsur-unsur menjadi kesatuan dan utuh, sedangkan integrasi nasional adalah usaha untuk menyatukan, menggabungkan perbedaan-perbedaan pada suatu negara agar terciptanya keselarasan secara nasional.

Masalah integrasi di negara-negara ASEAN

A. Indonesia

indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN dan juga memiliki banyak suku bangsa yang membuat indonesia kaya akan keanekaragaman budaya, adat isti adat dan bahasa. sebab itu indonesia menyadari dan menghormati perbedaan tersebut. bangsa indonesia sejak dulu dipersatukan dengan semboyan '' Bhineka Tunggal Ika'' yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu.bangasa indonesia juga terintegrasi disebabkan persamaan nasib saat dijajah oleh bangsa asing. akan tetapi tidak mudah bangsa indonesia meng-integrasi seluruh suku di indonesia, masalah-masalah etnik yang masih banyak terjadi di indonesia menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi menciptakan integrasi bangsa indonesia.
masyarakat indonesia yang majemuk cendrung tidak menjadi satu, meraka memiliki tradisi sendiri-sendiri dan memiliki interaksi terbatas dengan kelompok lain, oleh sebab itu masalah komunitas adat salah satu ancaman integrasi bangsa indonesia, banyak sekali konflik-konflik antar suku di indonesia yang juga menyebabkan masalah integrasi di indonesia.

B. Malaysia

sama halnya dengan indonesia, malaysia juga banyak memiliki suku bangsa yang beraneka ragam walaupun tidak sebanya indonesia, suku bangsa di malaysia antara lain melayu sebagai pribumi dan suku pendatang seperti cina, india, jawa dan masih banyak lagi. contoh salah satu integrasi di malaysia ialah menyatukan semenanjung dengan malaysia timur.
masalah-masalah integrasi di malaysia antaralain ;

1. Perbedaan sistem pendidikan

dimana sistem pendidikan malaysia bermula saat zaman pemerintahan inggris dimana orang melayu mendapat dukungan dari pemerintahan inggris dalam sistem pendidikan, sedangkan orang cina dan india/tamil tidak mendapat dukungan dari pemerintah inggris pada saat malaysia menjadi jajahan nya.
oleh sebab itu orang cina dan india/tamil menggunakan bahasa asalnya menjadi bahasa pengantar di sekolah cina atau india/tamil dan mereka mendirikan sekolah-sekolah mereka sendiri.
sistem pendidikan malaysia yang dibuat oleh pemerintah inggris hanya untuk kepentingan ekonomi saja pada masa itu bukan untuk menyatukan rakyat malaysia.

2. Perbedaan sektor ekonomi

dimana ketiga suku terbesar di malaysia ini bersaing dalam sektor ekonomi, dimana orang melayu bekerja sebagai petani atau nelayan di kampung, sedangkan orang cina berkerja sebagai pedagang dan orang india bekerja di perkebunan.
tidak ada satu dasar yang tegas untuk menyatukan ke tiga golongan ini pada saat pemirantahan inggris pada saat itu. selepas kemerdekaan, banyak di dapati orang melayu yang hidup miskin sedangkan orang cina menguasai sektor perekonomian oleh sebab itu timbulah rasa bimbang orang melayu bahwa orang-orang asing atau pendatang akan menguasai semua bidang dan mereka akan tenggelam karena kemiskinan. orang-orang cina dan india juga mengalami kebimbangan terhadap peraturan-peraturan yang akan membuat hak mereka terganggu.

3. Perbedaan pengaruh politik

dimana orang-orang cina dan india paham politik mereka berbeda. bagi orang cina dan india hal-hal yang berlaku di tanah asal mereka lebih penting dibandingkan di tanah melayu atau malaysia.

C. Thailand

Thailand adalah salah satu negara yang multikulturan, thailand sendiri juga memiliki seorang raja yang merupakan sebagai simbol persatuan masyarakat thailand. masalah integrasi di thailand yaitu konflik pattani. pattani sendiri adalah salah satu daerah yang berada di thailand selatan. pada awalnya pattani merupakan sebuah kerejaan melayu islam, namun pada pertengahan abad ke-19 pattani menjadi korban penaklukan kerajaan siam. yang menyebabkan masalah konflik di pattani ialah pembangunan umat muslim di thailand yang di diskriminasi dan pemerintah thailand disebut lebih condong terhadap etnis thai, dan etnis indochina yang lain nya.
apa bila sekelompok masyarakat yang diperlakukan secara tidak adil apalagi di tunjang dengan sejarah masalalu dan agama., maka akan melakukan tuntutan terhadap sebuah keadilan. maka sebab itu konflik di pattani masih mungkin berlangsung.

D. Vietnam

Vietnam salah satu negara yang berada di asia tenggara, konflik yang sangat terkenal pada negara ini adalah perang vietnam dimana konflik ini yang menciptakan integrasi di vietnam. masalah integrasi di vietnam saat ini ialah masalah integrasi budaya dan ekonomi.










sumber:
http://melayumaya.blogspot.co.id/2012/09/tiga-cabaran-perpaduan-dan-integrasi.html
http://www.kompasiana.com/ardiwing/menyusuri-provinsi-pattani_552a8ff6f17e61941fd623bb
http://www.voaindonesia.com/a/vietnam-cari-identitas-baru-sebagai-pemain-global/2443258.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 Ekonomi Teknik

Rangkaian Full Adder

Tugas Softskill 3